Aug 7, 2012

Apa itu demodex

Hello guys =)
Sekarang aku ajak berkelana kalian ke dunia biologi ya. Haha... Kalo merasa : apaan sih biologi, bosenin banget yahh~. Monggo di close. ;) Yang mau baca, silahkan lanjutttt. wushh~ @@(/^.^)/







Belakangan ini sedang santer terdengar isu tentang demodex. apa ituuu? wkwk. Ayo intip2 di sini ya apa itu demodex, bikin apa sih demodex ke manusia? Lanjut~ (/>.<)/
*i try my best to present this for you, all comments, critics, appreciated ya =)*



Sepintas biologi~
Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Arachnida
Subclass : Acari
Order : Trombidiformes
Family : Demodicidae (Nicolet, 1855)
Genus : Demodex (Owen, 1843)

Sooo, apa itu Demodex?
Demodex merupakan parasit yang sangat kecil (mikroskopis), punya 4 pasang kaki pendek, yang hidupnya di folikel rambut atauuu di kelenjar sebacea mamalia . Sekitar 90% dari acne disebabin karena parasit ini. Hanya 10% yang disebabkan karena bakteri dan masalah kurangnya perawatan wajah. Nah lo.... Bayangin aja ya ada parasit yang HIDUP di badan kamu (baca :dalam kulit >.<) SEREM! @_@

Ada 2 jenis yang hidup di manusia. Ada Demodex folliculorum (di folikel rambut) dan Demodex brevis (di kelenjar sebacea) Lho? Demodex itu bukannya penyakitnya anjing? Iya. Di anjing juga ada. Demodex canis yang umumnya ada di anjing. Biasanya demodex ini menghuni kulit wajah, dahi, pipi, bulu mata, dan lubang telinga luar. Tapi, ngga menutup kemungkinan ya dia ada di bagian lain dari tubuh kamu.

Siapa aja sih yang bisa dihidupi demodex?
Demodicosis ini dapat terjadi di seluruh belahan dunia, daaannn meningkat seiring bertambahnya usia. =( ew.
Yang bakal dirasain dari demodicosis?
Ada gatal,inflamasi (biasanya kemerahan pada kulit), jerawat, wajah menjadi lebih berminyak, hidung mulai membengkak, pori membesar (oh gosh), dan rambut berguguran >___< (macam pohon aja ya. lol)

Gimana cara aku tau nih wajah atau badanku ada demodexnya atau ngga? Caranyaaa adalah.... *drumroll* pemeriksaan mikroskopis. Yap. Begitulahh. Jadi, keluarkan sedikit sebum dari kulit (dipencet gitu), lalu dia di 'pungut' (emang kucing ya dipungut?),diletakkan di gelas obyek (yang modelnya kotak buat di mikroskop itu tuh) sambil diberi sedikit minyak wijen dan tunggu sampai sebumnya terlarut sepenuhnya. Setelah itu bisa dilihat di bawah mikroskop deh. Nih saking mungilnya (plus transparant) parasit satu ini maka kita mesti lihat dia di bawah mikroskop. ='( Sulit yah? Jadi, mending menyelamatkan dan menjaga kulit supaya demodex di kulit tidak berulah.

Yup, kalian masih bisa menyelamatkan kulit kalian dari serangan demodex yang bisa bikin kulit kalian muncul pimples, whitehead, blackhead, gatal2, dan malu. lol. Cara-caranya adalah :
- Keep your skin clean. Jagalah kebersihan kulit. PENTING banget ya.. >.< Jangan pernah tidur dengan wajah yang kotor, apalagi ber makeup. BIG NO NO. /(>.<)\ Itu akan menambah parah dan menyumbat pori kalian @_@
- You can use something like tea tree oil or cream or any else. Tea tree kan dikenal memliki efek antiseptik dan anti jamur. Jadi andai sebelum tidur kalian mandi, bisa juga pakai body wash yang mengandung ekstrak tea tree.
- Rajin-rajinlah mengganti seprai, sarung bantal-guling. Dan pastikan mereka dicuci dengan bersih.
- Jika gatal di kepala, rajin-rajinlah keramas karena kepalamu sarang demodexmu. *HUA =_____( *
- Jagalah kesehatan badan kita. Karena kondisi imunitas yang turun juga mengakibatkan demodex semakin aktif >__< Rajin olahraga serta mendapat asupan nutrisi yang cukup dan tepat niscaya anda tidak demodicosis *amin*
- Bagi pemilik anjing, rawatlah anjingmu dengan baik karena demodex dapat menular *sudah ada bukti otentik dari pelatih anjing di daerah rumahku pernah ketularan demodex dari anjing yang dia latih :'( *

PS : Pastikan produk yang kalian gunakan cocok dengan kondisi kulit  dannnn kalian tidak alergi terhadapnya. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika terjadi efek alergi akibat produk yang digunakan.

Panjang ya? *sob* Semoga info singkat ini bermanfaat buat kalian. ^_^v Untuk tahu lebih banyak lagi, kalian bisa browsing sendiri ya. Kan ini saya hanya mengumpulkan data dan jadiin satu supaya enak *wink*

Have a nice day =)

Reference and for more :
http://www.microscopy-uk.org.uk/mag/indexmag.html?http://www.microscopy-uk.org.uk/mag/artmay00/demodex.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Demodex

http://www.squidoo.com/demodexmites

http://www.animalhealth.bayerhealthcare.com/4907.0.html

http://www.wisegeek.org/how-do-i-treat-demodex-mites.htm

http://altmedicine.about.com/od/herbsupplementguide/a/TeaTreeOil.htm

http://www.facedoctor.ca/research/research24.html



4 comments:

  1. ow, share yang sangat berguna
    I'm following ur blog now...

    dwiyanatoharasdiary.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. pas nyari2 di om gugel, ketemu disini.
    Rasanya aku kena demodex deh. T.T Gatel, kemerahan, jerawat, muka minyakan, pori-pori gede, dan rambut rontok. Aku BANGET! T.T

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    The Body Shop Parfum.

    ----------

    ReplyDelete

Please leave your comment here.
Thank you :)