Jun 3, 2013

Apa sih hal yang paling bermakna dalam hidup kalian?

Hola~ Apa kabar semuanya?
Ehm, di tengah keributan skripsi, di tengah kesumpekan cari jurnal dan referensi, seperti biasa aku suka blogwalking dan menemui adanya sebuah berita gembira dari Mimoyoja Beauty Blog. Apa? Masa giveawaynya diperpanjang sampai 15 Juni! Oke. Menurut aku ini jodoh. Hahaha. Kenapa? Skripsi -> ngetik. Giveaway ini -> nantang jiwa menulis (iya, jaman smp-sma aku suka banget nulis-nulis cerpen yang ngga pernah jadi.)


Oke, lanjut ke giveawaynya yuk. Selain nantangin jiwa menulis, giveaway ini juga punya topik yang menarik.

Apa sih hal yang paling bermakna dalam hidup kalian? Dan kenapa demikian? 

Oke. Sambil meikirkan pertanyaan ini banyak sekali yang terlintas di kepala. Keluarga, ilmu, keterampilan, dan setelah kupikir lagi, yang paling bermakna di dalam hidup ini adalah waktu dan kesempatan. Waktu dan kesempatan ini seakan soulmate deh. Ngga akan terpisahkan satu sama lain. Ada waktu berarti ada kesempatan. Ada kesempatan pasti pada waktu tertentu saja kan? Tidak selamanya ada dan tidak abadi kesempatan itu. Waktu dan kesempatan memang paling penting tetapi harus didukung dengan yang lain-lain juga.

Seperti kata-kata klise yang sering kita dengar. Waktu itu seperti air yang mengalir, tidak akan kembali. Betul kan peribahasa itu? Air mengalir terus dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Saat kalian cuci tangan, mana bisa kan air yang keluar dari kran ke bawah tiba-tiba bisa lompat balik ke tangan? Kalau iya namanya horor, atau magis, atau "maksa" pakai pompaan. Tapi jika dipaksapun, air itu sudah kotor. Apalah artinya lagi cuci tangan pakai air kotor?

Contoh lain, ya giveaway ini. Contoh termudah dan paling real yang lagi kutulis dan kalian baca. Giveaway ini ada masa waktunya kan? Kalau sampai saya membaca postingan perpanjangan waktu giveaway ini dan serasa hati kecil berkata 'knock knock, yuk ikutan Brin giveawaynya' lalu saya cuek aja dan ngga ngikutin giveaway ini, sampai habis masa giveawaynya yang ada nantinya adalah penyesalan buat aku. Iya dong, kan cuma nulis aja dengan topik yang sudah ada dan menurut saya gampang gampang sulit ini. Kalau sampai melewatkan kesempatan ini dimana seharusnya saya, kamu, sanggup melakukannya, sanggup menuliskannya, dan memang ada yang ingin dituliskan, kenapa tidak? Toh sekali dayung dua pulau terlampaui. Pertama, aku bisa sharing apa yang paling bermakna dalam hidupku. Kedua, ya ikutan giveaway berhadiah. Hehehe...

Kenapa sih waktu itu penting? 
Buat kalian saya jamin kalian hidup dalam lingkungan 'keluarga'. Bisa keluarga kandung bersama orang tua yang melahirkan kalian dan saudara-saudara kalian, bisa dengan keluarga asuh seperti kakek, nenek, om, tante, kerabat dan lain-lain, dan bisa juga loh 'keluarga' di tempat kost, tempat live-in, dsb. Plus, keluarga yang kalian bentuk sendiri untuk yang sudah menikah. Kebersamaan yang ada dalam keluarga, perhatian dan senggolan-senggolan menurutku hal yang umum terjadi dan dialami semua orang. Di saat ada kesempatan ini, ya sekarang ini, aku sarankan perlakukanlah mereka sebaik mungkin. Sebetulnya ngga cuma sama keluarga tetapi juga dengan orang lain di sekitar kita. Pacar, para sahabat, teman-teman, guru, dosen, asisten rumah tangga, karyawan sekolah/kampus/kantor, rekan kerja, teman virtual pun tetap harus kita hargai. Menurutku, kita kenal satu sama lain adalah kesempatan terindah dalam hidup. Kita bisa menyayang dan disayang, menghargai dan dihargai, belajar sesuatu dari mereka yang tentulah meningkatkan kualitas hidup dan potensi diri kita. Seperti aku yang pada suatu hari setahun yang lalu tersesat di dunia blogging. Dari situ mendapat teman, memiliki komunitas baru, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, mengenal banyak karakter, plus tamabah care dengan diri sendiri. Eh, ngga cuma itu, musuh atau haters pun mengajarkan sesuatu pada kita loh, cintailah haters karena mereka adalah orang yang memedulikan anda (positive thinking :D). Anggap sajalah komentar-komentar itu sebagai cermin. Bisa jadi pemacu semangat dan alat introspeksi diri.

Jangan sampai kalian menyesal nantinya karena pada saat ini, kalian melewatkan waktu dan kesempatan yang ada. Beneran loh, tidak akan terulang kembali. Jangan sampai pada suatu saat kalian menyesal dan berpikir " Coba dulu aku bla bla bla...", "Iya yah kok dulu aku ngga begini begitu", "Coba waktu bisa diputar kembali", dan kata-kata model penyesalan lainnya. Pikirkanlah segala sesuatunya, pilihlah yang terbaik, dan jalanilah sebaik mungkin.

Untuk yang masih memiliki orang tua, saudara, kakek nenek, perlakukanlah mereka dengan amat sangat baik. Berilah waktu terbaik kalian untuk mereka sehingga saat mereka tidak ada lagi, yang tersisa adalah kenangan yang indah dan yang baik. Untuk yang memiliki sahabat, teman, kolega, dan asisten; sayangi, hargai, dan hormatilah mereka hingga saat berpisah nanti, saat kalian tidak bersama lagi, yang tersisa adalah kenangan dan pelajaran yang berharga.

Bukannya aku tidak pernah menyesal dan menjalani hidupku dengan sempurna (siapalah kita bisa hidup dengan amat sempurna?). Aku menyesal karena aku kurang memperhatikan oma dan papaku selagi ada kesempatan. Yah, juga bukannya cuek bebek dan ngga perhatian, perhatian sih, tapi kurang aja. Jangan sampai apa yang pernah menjadi penyesalan kalian pada seseorang akan terulang lagi pada orang lain.

Maka, jalanilah waktu dan kesempatan hidup yang ada saat ini sebaik-baiknya, pelajarilah sebanyak-banyaknya, dan raihlah kesempatan yang lewat. Karena waktu ngga akan bisa diputar kembali.

Postingan ini saya buat untuk diri sendiri dan untuk teman-teman semua yang sempat membacanya, mari hargai waktu kita. Semoga postingan ini menginspirasi kalian~

Have a happy week,
Work hard,
and
God bless!!

post signature 
 


3 comments:

Please leave your comment here.
Thank you :)