Apr 29, 2015

Is Natural better?

Hai! Apa kabar?
Akhir-akhir ini aku merubah sebagian besar skin care ku ke produk natural organik. Yah, meminimalkan saja lah masuknya zat kimia yang tidak diperlukan oleh tubuh.
Pertama kita intip dulu yuk apa sih arti kata natural?

source


Menurut KBBI arti kata Natural adalah :
 /na·tu·ral/ a 1 bersifat alam; alamiah; 2 bebas dr pengaruh; bukan buatan; asli; 3 dapat dipakai untuk warna apa saja (tt semir dsb)

Menurut dictionary.com arti kata Natural adalah :
* existing in or formed by nature (opposed to artificial)
* based on the state of things in nature; constituted by nature
* having undergone little or no processing and containing no chemical additives
Sedangkan kata oragnik menurut dictionary.com adalah :
* a substance of animal or vegetable origin
* noting or pertaining to a class of chemical compounds that formerly comprised ony those existing in or derived from plants or animals, but that now includes all other compounds of carbon.
* characteristic of, pertaining to, or derived from living organisms

Memang ada yang salah dengan produk yang dulu aku pakai?
Dalam hal ini aku ngga bisa kasi argumen seperti para pakar memaparkan argumen dan bukan berniat menyerang pihak manapun karena aku tetap masih saja memakai produk-produk yang mungkin juga kalian punya dan terutama kosmetik. Bahkan untuk perawatan pagi haripun aku masih menggunakan produk kesayangan seperti Klairs, Clinique, Estee Lauder, Innisfree. Tetapi aku mencoba membatasi jumlah pengawet yang menempel dan diserap oleh tubuh.
Paula Begoun mengungkapakan tentang hal apakah organik selalu yang terbaik di sini. Saya tekankan natural dan organik bukan berarti bebas dari problem ya. Tidak semua bahan natural dan organik aman bagi anda. Tetap selalu kembali pada basic: cocok-cocokan, tergantung jenis kulit.
Ada orang yang cocok menggunakan essential oil atau carrier oil tertentu, ada yang tidak. Bacalah label yang menempel pada kosmetik dan skincare anda. Jika terjadi efek yang tidak baik, catatlah, hindarilah dan carilah yang sesuai.

Saya lebih tepatnya menyukai dunia perminyakan karena suka dengan bau-bauan. Berasal dari aromaterapi wangi sintetik saya mencari tahu lebih. Dari situ saya jadi tahu apa itu essential oil, mencari tahu apa manfaat essential oil dan berakhir pada mencoba produk yang berisikan kebaikan dari essential oil. Dari essential oil saya tahu apa itu carrier oil. 
Saya tegaskan, tidak semua essential oil itu baik dan cocok di anda. Apalagi yang alergi kacang, hindarilah oil yang berasal dari kacang juga.

FYI essential oil tidak pernah bisa digunakan langsung pada kulit apalagi ditelan. Tea tree oil dan lavender oil adalah essential oil yang disebut paling amanpun setidaknya harus di dilute/encerkan dengan carrier oil seperti olive oil, jojoba oil, virgin coconut oil. Saya memiliki flaky skin di area hidung yang salah satunya disebabkan penggunaan Tea Tree essential oil tanpa dilarutkan. Dan saya menyesal.

Sejauh ini aku menggunakan essential oilku untuk menambah bau dan khasiat pada beberapa produk yang aku pakai seperti Pantene shampoo no silicone, unscented goat's don't lie dari the bath box. Selain itu aku suka mencampurnya dengan air dan alkohol untuk dijadikan room spray. Dan ternyata essential oil bisa juga dipakai sebagai pengganti kamper.

Akhir-akhir ini aku juga semakin banyak mengoleksi produk seperti krim pagi dan malam +mata, sunscreen, hydrosol untuk digunakan sebagai toner, room and linen spray, stretchmark and scar cream, shampoo. Mereka aku beli dari seller yang sudah meramu oil-oil tersebut sedemikian rupa sehingga menghasilkan manfaat yang baik. Apa berarti produk tersebut pasti cocok dengan kondisi kulit kita? Tidak. Tetap ada trial dan eror. Beberapa seller bisa kalian mintai untuk tidak menggunakan komposisi tertentu.

Beberapa seller yang menjual produk seperti di atas adalah :
(* = saya pernah mrmakai produknya)
Green Mommy Shop
* Roro Mendut
Evete Naturals
dan mungkin masih ada banyak brand/toko/seller lainnya yang kalian tahu (dan bisa dibagi lewat komen di bawah). 

Beberapa brand seperti EFB, Sensatia Botanica, The Bath Box, Green Mommy Shop, Spoil memiliki reseller/ambassador atau dijual pula di tempat lain. Seperti EFB saya biasa beli melalui ambassador Jawa Timur karena saya pelit ongkir. LOL. Peoduknya sama freshnya kok dari yang Bali (pusat). Seperti Sensatia Botanica dan Spoil menjual produknya di luxola.com. The Bath Box juga memiliki reseller di beberapa kota yang memudahkan kita sebagai (calon) customer berbelanja.



Untuk tahu produk apa yang sudah saya pakai akan di update di haul post berikutnya. :) Untuk review, nantikan kelanjutannya. Tentu perawatan butuh waktu kan? :D

Adakah dari kalian yang juga menggandrungi oil-oilan ini? 
Apa oil yang paling kalian suka? Kalau aku suka lavender :)
Apa manfaat yang sudah kalian dapat?
Buat yang belum pernah, apa berniat mencoba?
Bisa tolong dijawab di kolom komentar ya ;)


See you on my next post.

post signature

Disclaimer : POSTINGAN INI TIDAK DISPONSORI PIHAK MANAPUN <3



Stalk me here : 



6 comments:

  1. iya dong natural selalu yg terbaik, tapi ak gak suka oil >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kenapa git ngga suka? Ga demen lengket2nya ya?

      Delete
  2. Aah, senang sekali ketemu oil-mania lainnya. Hehehe. Aku juga awalnya dari gugling2 soal cara nyuburin rambut tipis, trus jadi melipir ke essential oil dan sekarang nagih banget soal oil ini. Aku suka lavender juga. Ini must-have-item banget! Multifungsi dan harganya juga oke, ga semahal camommile. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *high five* iyaaa.. Tea tree and lavender are my best friends. *nggaya* antibacteri pula. Hihihi.. Buat badan oke, buat ruangan apalagi..

      Delete
  3. Cece beli oil2an ini dimana? Aku pengen cobain essential oil juga sebenernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita cantik kita ngegosip oil dan eo di line aja yukk..
      Kalau beli aku biasa di fb organic natural shop, elea di marketplaza female daily, sama earyh factory bali. Di instagram bitanina_id juga ada tp ga sbnyk tiga di atas

      Delete

Please leave your comment here.
Thank you :)