May 11, 2015

Tea Cup : I Started Late

Hey ay!
Apa kabar semua~ *dada dada* 
Ngga kerasa aja dah bulan kelima tahun ini yah.
Apa kalian sudah rajin merawat wajah? Karena akhir-akhir ini kulit wajahku menjadi tidak jelas, aku semakin intens merawatnya. Dan saat bercermin aku sadar, wah kulit wajahku ini ngga sehat banget. Berminyak tetapi kering dan mudah berjerawat. Selain itu fine lines. Ini dia musuh bebuyutan manusia seiring bertambahnya tua.
pic source



Aku baru merawat kulit wajah di usia 20 tahun dan itu telat banget. Merawat termasuk menggunakan sunscreen untuk sehari-hari. Definisi merawat saat masih remaja : cuci muka pakai sabun. Entah sabun wajah apa sajalah aku sudah pernah cobai. Alhasil kulit semakin kering dan berjerawat karena tidak cocok, tidak pakai pelembab dan bersihin sekenanya. Di situ saya merasa sangat sedih. Jika bisa aku akan menasehati diriku yang berusia belasan untuk rajin cuci muka dan beri moisturizer plus sunscreen!

Aku sendiri akhir-akhir ini beralih ke produk yang bebas paraben, bebas sulfat dan silikon. Terutama silikon, kulit kepalaku sangat tidak tahan jika terkena bahan satu itu. Bisa dilihat di postingan yang ini juga beberapa toko yang biasa saya beliin produknya.

Buat kalian yang masih remaja, segeralah merawat kulit wajah kamu SEKARANG. Jangan tunggu telat apalagi nunggu keriput muncul. Keriput tidak muncul dalam waktu satu dua minggu tapi prosesnya menahun. Begitu pula proses memperlambatnya. Untuk yang sudah masuk 20 tahunan (dan keatas), segera cari produk untuk mencegah keriput. Put your skincare and sunscreen/sunblock (whatever suits you) diligently. Kalian akan menuai hasilnya bukan besok, lusa atau bulan depan tetapi nanti saat kalian sudah kepala 4,5,6 dst. 

Gunakan komposisi bahan yang tepat. Iya memang mengoleskan produk di wajah itu trial and error. Aku sendiri juga mengalaminya dan masih mengalaminya. Tetapi begitu mendapat ingredients yang tepat, stick with them. Jadi jika berganti merekpun kalian akan tahu produk mana yang tidak cocok dengan kalian karena ada bahan tertentu di dalamnya yang kalian tidak cocok. Bahkan tidak semua orangpun cocok dengan bahan yang sama meski jenis kulitnya sama loh ;)

Jangan lupa  juga ya, oleskan sunscreen setiap 2-3jam sekali bahkan meski di dalam ruangan sekalipun. Pastikan sehabis pakai sunscreen kalian membersihkannya dengan cleanser untuk menghindari munculnya jerawat.

Good luck dalam merawat kulit wajah kalian, tetap bersabar dan semangat demi kulit yang sehat. 
TTYL!
post signature



Stalk me here : 



No comments:

Post a Comment

Please leave your comment here.
Thank you :)